1. Instagram
Instagram
merupakan suatu aplikasi sosial media yang berbasis Android untuk Smartphone, iOS untuk
iPhone, Blackberry, Windows Phone dan bahkan yang terbaru saat ini juga bisa
dijalankan di komputer atau PC anda. Namun untuk penggunaan di dalam komputer
tidak akan bisa sama sepenuhnya dengan yang ada pada perangkat mobile phone
anda.
Pada
umumnya orang – orang menggunakan Instagram untuk saling mensharing atau
membagikan foto maupun video. Prinsip yang satu ini memang cenderung berbeda
dengan aplikasi media sosial lainnya yang lebih menekankan pada
penggunaan kata–kata atau status untuk dibagikan ke publik.
Sama
halnya seperti aplikasi media sosial lain, pada Instagram ini anda dapat
mencari banyak teman dengan menggunakan istilah Follow dan Follower atau
Mengikuti dan Pengikut. Dengan banyaknya Follower maka menandakan akun anda
sudah memiliki banyak teman. Interaksi bisa dilakukan dengan kegiatan like atau
saling komen pada postingan anda ataupun teman anda. Bisa juga dilakukan dengan
menggunakan perpesanan atau Direct Message (DM) dan yang paling popular saat
ini yakni InstaStory yang berupa aktivitas membagikan video secara live atau
langsung.
Sejarah Instagram
Mike
Krieger (kiri) dan Kevin Systrom (kanan)
Setelah
memahami definisi dari Instagram maka akan terasa kurang pas jika anda kurang
memahami asal – usul atau sejarah terbentuknya Instagram itu sendiri. Pada
awalnya aplikasi Instagram yang dulunya masih bernama Burbn didirikan oleh
suatu perusahaan yang bernama Burbn Inc. dan dipelopori oleh kedua CEO mereka
yakni Mike Krieger dan Kevin Systrom pada tahun 2010.
Burbn
Inc. merupakan suatu perusahaan startup yang memang bergerak di bidang
pengembangan aplikasi untuk mobile phone. Pada awalnya aplikasi ini hanya dapat
digunakan oleh iPhone saja dan memiliki terlalu banyak fitur namun akhirnya
dikurangi oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom menjadi aplikasi untuk share
foto, komentar dan juga menyukai. Inilah awal mula terbentuknya Instagram.
Dan
akhirnya pada tahun 2012 perusahaan Facebook secara resmi mengambil alih
pengelolaan Instagram. Dan setelah melewati waktu yang cukup panjang pada tahun
2016 logo resmi Instagram diubah dan diperkenalkan ke publik dengan tampilan
yang lebih stylish serta elegan seperti yang kita jumpai saat ini.
Fungsi Instagram
Bagi
para pengguna pada umumnya mungkin menganggap bahwa fungsi Instagram hanya
sebatas interaksi sosial,
melakukan share foto dan video serta meningkatkan popularitas dengan banyaknya
teman atau followers.
Hal
itu memang benar adanya namun fungsi Instagram secara luas lebih dari itu saja.
Kecermatan serta pemahaman yang dimiliki pengguna juga menjadi hal yang penting
agar dapat memanfaatkan setiap aplikasi secara keseluruhan. Dibawah ini kami
akan menjelaskan fungsi – fungsi dari Instagram:
a.
Interaksi
antar pengguna Instagram
Hal
ini tentunya menjadi fungsi utama setiap aplikasi social media. Sudah sempat
dijelaskan sebelumnya bahwa khusus untuk Instagram interaksi dapat dilakukan
dengan kegiatan share foto atau video dan melalui perpesanan (Direct Message).
Saat
ini juga terdapat fasilitas live record atau yang popular disebut dengan Insta
Story yang memungkinkan perekam video dapat membagikan aktivitasnya melalui
live video sekaligus berinteraksi dengan teman yang ikut menontonnya.
b.
Rekomendasi
tempat liburan
Tidak
bisa dipungkiri bahwa sebagian besar foto ataupun video yang dibagikan di
Instagram memberikan informasi dan keindahan suatu tempat wisata. Setiap orang
pasti menginginkan perjalanan liburan atau rekreasinya diabadikan dalam foto
atau video, setelah itu dibagikan ke Instagram. Bagi teman atau pengguna lain
hal itu tentunya menjadi keuntungan tersendiri karena bisa mengetahui keindahan
suatu tempat wisata tanpa perlu repot – repot mencari di internet.
c.
Mencari
dan berbagi info/ilmu pengetahuan
Diantara
banyaknya pengguna di Instagram pastinya anda akan menjumpai suatu akun non
personal/personal dengan aktivitas share info atau ilmu pengetahuan di bidang
tertentu.
Contohnya
seperti akun yang membagikan info kesehatan, info destinasi wisata, info unik
atau misteri dan lain – lain. Penggunaan video juga dapat dimanfaatkan
untuk berbagi video meskipun waktunya
dibatasi. Hal ini tentunya dapat menjadi nilai positif tersendiri dari
penggunaan Instagram.
d.
Sebagai
sarana pemasaran (marketing online)
Di
dalam era modern saat ini banyak sekali pebisnis atau penjual produk/jasa yang
mulai memanfaatkan pemasaran secara online (marketing
online). Tidak hanya melalui website resmi anda juga bisa memanfaatkan sosial
media. Dan dengan semakin populernya Instagram tentunya memberi keuntungan
tersendiri jika produk atau jasanya dipasarkan disini, ditambah lagi dengan
fitur posting foto yang
dapat mendeskripsikan secara jelas produk yang anda tawarkan.
Itulah
pembahasan lengkap mengenai pengertian Instagram beserta sejarah dan fungsinya.
Dengan adanya Instagram, kita dapat dengan mudah membagikan foto atau video
dengan mudah, bahkan kita dapat menggunakan Instagram untuk mempromosikan
produk kita.
2.
GO-JEK
GO-JEK Indonesia ini bergerak dalam bidang jasa transportasi dengan ojek motor. Berbeda dengan ojek biasanya, ojek disini sudah sangat terorganisasi. Kita dapat memesan dengan menghubungi nomor telponnya, selain itu dalam web ini kita bisa mengetahui harga yang harus kita bayar sesuai jarak tempuh. Jadi kita tidak perlu tawar menawar, karena harganya sudah pasti. Namun GO-JEK ini baru mencakup daerah Jakarta saja.
Adapun
tampilan dari website tersebut sebagai berikut:
Gambar
diatas merupakan tampilan halaman home dari website GO-JEK ini. Dalam halaman ini
terdapat informasi mengenai profil dari GO-JEK Indonesia, nomor telpon dll.
Gambar
diatas adalah halaman service, berisi bagaimana cara order dan tata cara
pelayanan dari GO-JEK.
Gambar
diatas adalah halaman corporate yang berisi informasi tentang perusahaan lain
yang menjadi klien dari GO-JEK Indonesia.
Ojek disini tidak hanya untung mengantar orang, namun juga jasa antar barang
dan dokumen lain.
Gambar
diatas adalah halaman price yang berisi perhitungan harga jasa ojek itu.
Terdapat inputan alamat jemput dan alamat tujuan. Dari sini kita bisa tau
berapa harga yang harus dibayarkan.
Pada
halaman about diatas berisi tentang informasi profil perusahaan, contact center
dan tim yang bekerja didalam perusahaan GO-JEK Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar